PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL, KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, DAN BUDAYA ETIS ORGANISASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus Koperasi Simpan Pinjam di Kecamatan Buleleng)

Authors

  • Putu Mery Oktaviyanti .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .
  • Anantawikrama Tungga Atmadja,SE,Ak.,M. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.11333

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh pengendalian internal, kompetensi sumber daya manusia, dan budaya etis organisasi terhadap kualitas laporan keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert. Populasi penelitian ini adalah pegawai bagian akuntansi/keuangan pada 31 Koperasi Simpan Pinjam di Kecamatan Buleleng yang berjumlah 112 orang. Metode pemilihan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan penelitian ini adalah pegawai bagian keuangan/akuntansi yang bekerja di 16 Koperasi Simpan Pinjam di Kecamatan Buleleng yang berjumlah 38 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 24.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial pengendalian internal, kompetensi sumber daya manusia, dan budaya etis organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan.
Kata Kunci : pengendalian internal, kompetensi sumber daya manusia, budaya etis organisasi, kualitas laporan keuangan

The purpose of this study was to prove empirically the effect of internal control, human resource competence, and organization ethic culture on the quality of financial statements. This research is a quantitative research using primary data obtained from the questionnaire and measured through Likert scale. The population of this research was the accounting/financial officers at 31 Savings and Loans Cooperatives in Buleleng Sub-District, which are 112 people. The method of sample selection was purposive sampling. The sample used in this research was the financial/accounting officers who worked in 16 Savings and Loans Cooperatives in Buleleng Sub-district which amounted to 38 people. The data analysis technique used was multiple linear regression analysis using SPSS 24.0 for Windows. The results of this study showed that partially internal control, human resource competence, and organization ethic culture had a positive and significant impact on the quality of financial statements.
keyword : internal control, human resource competence, organization ethic culture, the quality of financial statements

Published

2017-07-26

Issue

Section

Articles