PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP KETERANDALAN PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH (Studi Kasus Pada Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat)

Authors

  • I Nyoman Wandra Adicahya Yadnya .
  • Gede Adi Yuniarta, SE.AK .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.11358

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuktikan secara empiris pengaruhsumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, dan pengendalian intern terhadap keterandalan pelaporan keuangan pemerintah.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert.Populasi penelitian ini adalah dinas sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sampel digunakan sebanyak 89 orang yaitu semua pegawai yang berada didalam bagian dinas sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat.Teknik analisis data yang digunakan adalahanalisis regresi linier berganda dengan dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas.yang menggunakan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsialsumber daya manusia berpengaruh negatif terhadap keterandalan pelaporan keuangan pemerintah dinas sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat, sedangkan untuk pemanfaatan teknologi informasi dan pengendalian intern berpengaruh positif terhadap keterandalan pelaporan keuangan pemerintah dinas sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Kata Kunci : sumber daya manusia, pemanfaatan teknologi informasi, pengendalian intern, keterandalan pelaporan keuangan pemerintah

This study aimed at verifying empirically the influence of human resources, utilization of information technology, and internal control on the reliability of government financial reporting. This research was a quantitative research using primary data obtained from the questionnaire and measured through Likert scale. The population of this study was the social service department of West Nusa Tenggara Province. The sample used was as many as 89 people, i.e., all employees of the social service department of West Nusa Tenggara Province. The data analysis technique used was multiple linear regression analysis with classical assumption test consisting of normality test, multicolinearity test, and heteroscedasticity test of SPSS 16.0 for Windows. The results showed that partially human resources negatively affected the government financial reporting reliability of the social service department of West Nusa Tenggara Province, whereas the utilization of information technology and internal control positively affected the reliability of government financial reporting of the social service department of West Nusa Tenggara Province.
keyword : human resources, utilization of information technology, internal control, reliability of government financial reporting

Published

2017-07-26

Issue

Section

Articles