EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ATAS PROSEDUR PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS DANA PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH SEBAGAI PENYEDIA INFORMASI PENGENDALIAN INTERNAL PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BUSUNGBIU KABUPATEN BULELENG

Authors

  • Putu Wahyu Mahayusa .
  • Gede Adi Yuniarta, SE.AK .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.11456

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas dana program bantuan operasional sekolah (BOS) sebagai penyedia informasi pengendalian internal pada sekolah menengah atas negeri 1 busungbiu, sudah terdapatnya sistem informasi akuntansi dalam penerimaan dan pengeluaran kas dan bagaiamana sistem informasi akuntansi sudah berjalan efektif sebagai penyedia informasi untuk pengendalian internal. Objek penelitian ini adalah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA N) 1 Busungbiu. Pengujian dilakukan dengan mengevaluasi sistem informasi akuntansi terhadap struktur organisasi, dokumen, sistem pengendalian intern dan laporan yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif yaitu menguraikan secara menyeluruh terhadap pelaksanaan sistem informasi akuntansi yang diterapkan pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Busungbiu dan dibandingkan dengan teori-teori yang berhubungan dengan sistem informasi akuntansi, sehingga didapat hasil yang diinginkan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi khususnya sistem pendapatan, penerimaan kas dan pengeluaran kas berjalan dengan efektif. Hal ini dapat dilihat dari struktur organisasi yang telah sesuai dengan karakteristik sekolah, dokumen yang memadai dan terancang dengan baik, sistem pengendalian intern dan laporan yang memadai.
Kata Kunci : Evaluasi, sistem informasi akuntansi, penerimaan dan pengeluaran kas, dan pengendalian internal.

The purpose of this research is to analyze the accounting information system of revenue,cash in and cash out flow, any accounting information system on revenue, cash in andoutflow and does the accounting information system run effectively as the supplierinformation for internal control. The object of this research is the State Senior High School1Busungbiu Buleleng Regency, the test is done by give evaluation accounting information system to organizesystem, document, internal control system, and the results of the report. This research use a descriptive qualitative analysis that is implementation of accountinginformation system which applied at Senior High School 1Busungbiu Buleleng Regency and compared totheories related with accounting information system, so it will obtain the desired results ofthis research. The results of this research shows that accounting information system especially revenuesystem, cash inflow, purchasing, and cash outflow are run effectively. It can be seen onorganization chart which have as according to School characteristic, adequate documentand good plan, internal control system and adequate report.
keyword : Evaluation, Accounting information system, cash in and outflow, revenue accounting, internal control

Published

2017-07-27

Issue

Section

Articles