EFISIENSI ANGGARAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN BULELENG

Authors

  • Gede Doni Dharmawan .
  • Dr. Edy Sujana, S.E., M.Si.Ak. .
  • Made Arie Wahyuni, S.E., M.Si. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.12101

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui anggaran biaya produksi pada PDAM Buleleng, mengetahui biaya-biaya apa saja yang muncul dalam pengendalian biaya produksi, mengetahui efisiensi anggaran biaya produksi sebagai alat biaya produksi dan kendala-kendala dalam pengendalian biaya produksi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan pengurus PDAM Buleleng. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya yang muncul dalam pegendalian biaya produksi berada pada anggaran biaya produksi yang disusun setiap tahunnya. Pada tahun 2014, efisiensi anggaran biaya produksi bisa dikatakan kurang baik karena pada tahun 2014 mengalami kerugian sedangakan anggaran biaya produksi tahun 2015 sudah dikatakan efisiensi. Kendala kendala dalam pengendalian biaya produksi pada PDAM Buleleng adalah faktor cuaca yang tidak dapat dikendalikan dan bertambahnya kegiatan yang tidak dapat diketahui, ini dapat dikendalikan dengan RKAP yang disusun setiap tahunnya.
Kata Kunci : anggaran biaya produksi, pengendalian biaya produksi, biaya produksi

The purpose of this research is to know the budget of production cost at Buleleng PDAM, to know what cost arises in the control of production cost, to know the efficiency of production cost budget as a tool of production cost and constraint in controlling production cost. This research is a qualitative research. The data used are primary data obtained from direct interview with Buleleng PDAM management. Data collection techniques use interview techniques, and documentation. Data analysis is done through three stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study indicate that the costs that arise in pegendalian production costs are in the production cost budget compiled each year. In 2014, the efficiency of production cost budget can be said is not good because in 2014 suffered losses while the budget of production cost in 2015 has been said efficiency. Constraints in controlling production costs in Buleleng PDAMs are uncontrollable weather factors and unknown activity increases, these can be controlled by the RKAP compiled annually.
keyword : Budget production costs, production cost control, production costs

Published

2017-10-23

Issue

Section

Articles