ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DALAM MENETAPKAN HARGA JUAL PRODUK DUPA TRIDATU PASUPATI PADA KAORI GROUP DI KECAMATAN UBUD, KABUPATEN GIANYAR

Authors

  • I Wayan Sukresna .
  • Dr. Anantawikrama Tungga Atmadja, S.E., .
  • Nyoman Trisna Herawati, S.E.Ak., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.12260

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui : (1) penentuan harga pokok produksi produk dua tridatu pasupati pada Kaori Group dan (2) pengaruh harga pokok produksi dalam menetapkan harga jual produk dupa tridatu pasupati pada Kaori Group. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dimana peneliti akan melakukan observasi langsung ke lapangan dan mengumpulkan data-data yang akan dianalisis berdasarkan pengamatan dan pengetahuan peneliti. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini ada 2 yaitu metode wawancara dan metode observasi. Pada penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data seperti reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Kaori Group dalam menentukan harga pokok produksi perusahaan menggunakan menggunakan metode yang hampir mirip dengan metode full costing yaitu dengan membebankan semua biaya produksi yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk diantaranya biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik, biaya penolong, biaya pasupati, dan biaya kemasan. Setelah harga pokok produksi dihasilkan maka perusahaan Kaori Group akan menentukan harga jual yang pantas untuk dupa tridatu pasupati. Dalam penentuan harga jual selain mempertimbangkan harga pokok produksi, margin laba yang diinginkan, PPN 10% dan rijek 2% Kaori Group juga mempertimbangkan factor-faktor lain seperti kompetitor , trend pasar, dan yang terakhir adalah tipe karakter konsumen dimana ada konsumen grosir, retail, dan use.
Kata Kunci : Harga Pokok Produksi, Pasupati, Harga Jual.

The purpose of this research in to know : (1) determining main price of product production of tridatu pasupati incense of Kaori Group and (2) the influence of the main price production in determining sell price of tridatu pasupati incense product of Kaori Group. This research used qualitative approachment method, where the researcher will do direct observation to the field and collect the data that will be analysed based on the observation and the researcher knowledge. The data collection method that is used in this research, there are two methods that is that is interview and observation method. This research also used data analysis technique such as : data reduction, data display, and verifikasi. Based on the result of this research which is done in Kaori Group, in determining the main price of business production using the method that is almost same with full costing method that is by burden all the production cost which is turned out for producing product among the basic cost material, amployee cost, overhead factory cost, helper cost, pasupati cost, and sachet cost. After the main price production is resulted, so Kaori Group business will determine sell price that suitable for tridatu pasupati incense. In determining sell price besides determine the main price production, profit margin that wanted, 10% PPN and 2% reject Kaori Group also determine the other factors like competitor, market trend, and the last is the character tipe of consumer where there are grosir, retail, and use consumers.
keyword : Main price production, Pasupati, Sell price.

Published

2017-10-26

Issue

Section

Articles