ANALISIS EFEKTIVITAS PENERIMAAN DAN EFISIENSI PEMUNGUTAN PAJAK REKLAME SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN GIANYAR TAHUN 2014-2016

Authors

  • I Wayan Benny Noviana Putra .
  • Dr. Edy Sujana, S.E., M.Si.Ak. .
  • I Gusti Ayu Purnamawati, S.E., M.Si. Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.12271

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas penerimaan pajak reklame Kabupaten Gianyar, untuk mengetahui efisiensi pemungutan pajak reklame Kabupaten Gianyar dan untuk mengetahui kontribusi pajak reklame terhadap PAD Kabupaten Gianyar tahun 2014 - 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data skunder, berupa target dan realisasi penerimaan pajak reklame pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Gianyar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis efektivitas, analisis efisiensi, serta analisis kontribusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Tingkat efektivitas penerimaan pajak reklame Kabupaten Gianyar pada tahun 2014 - 2016 yakni sebesar 104.21% untuk tahun 2014; 105.10% untuk tahun 2015 dan 107.54% untuk tahun 2016 yang tergolong sangat efektif, 2. Tingkat efisiensi pemungutan pajak reklame Kabupaten Gianyar pada tahun 2014 - 2016 tergolong sangat efisien dengan prosentase sebesar 4,04% pada tahun 2014; 3,67% pada tahun 2015 dan 3,30% pada tahun 2016 secara keseluruhan berada pada tingkat sangat efisien, 3. Kontribusi pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Gianyar pada tahun 2014 - 2016 yakni sebesar 0,69% untuk tahun 2014; 0,70% untuk tahun 2015 dan 0,60% untuk tahun 2016 yang berkontribusi sangat kurang dengan rasio kontribusi yang berfluktuatif setiap tahunnya.
Kata Kunci : pajak, pendapatan, efektivitas, efisiensi, kontribusi

The purpose of this study is to determine the level of effectiveness of advertisement tax revenue Gianyar regency, to determine the efficiency of tax collecting Gianyar regency and to know the contribution of advertisement tax to PAD Gianyar regency 2014 - 2016. This research is a quantitative descriptive research. The data used are secondary data, in the form of target and realization of advertisement tax revenue at Investment Department and PTSP Gianyar Regency. Data collection techniques used interview techniques, and documentation. Data analysis used in this research is effectiveness analysis, efficiency analysis, and contribution analysis. The results of this study indicate that: 1. The effectiveness rate of advertisement tax revenues Gianyar District in 2014 - 2016 that is equal to 104.21% for the year 2014; 105.10% for 2015 and 107.54% for 2016 which is very effective, 2. The efficiency rate of advertisement tax collecting in Gianyar Regency in 2014 - 2016 is very efficient with percentage of 4.04% in 2014; 3.67% in 2015 and 3.30% in 2016 as a whole is at a very efficient level, 3. The contribution of advertisement taxes to the Gianyar District's Gianyar Original Revenue in 2014 - 2016 at 0.69% for 2014; 0.70% for 2015 and 0.60% for 2016 which contributes very less to the ratio of fluctuating contribution each year.
keyword : tax, income, effectiveness, efficiency, contribution

Published

2017-10-26

Issue

Section

Articles