EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL MELALUI SANKSI ADAT PADA BUMDES DI DESA SUKAMAJU KECAMATAN KUBUTAMBAHAN KABUPATEN BULELENG DALAM UPAYA MENGATASI KREDIT BERMASALAH

Authors

  • Ni Luh Yeni Wulantari .
  • Dr. Anantawikrama Tungga Atmadja, S.E., .
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati, SE. Ak,M.P .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.13257

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penyebab terjadinya kredit bermasalah pada BUMDes di Desa “Sukamaju” Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng, (2) kiat atau langkah dalam upaya mengatasi kredit bermasalah pada BUMDes di Desa “Sukamaju” dan (3) efektivitas pelaksanaan sanksi adat dalam mengatasi terjadinya kredit bermasalah pada BUMDes di Desa “Sukamaju”. Penelitian ini dilakukan di Desa “Sukamaju” Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng.Rancangan penelitian ini adalah kualiatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) BUMDes di Desa “Sukamaju” mengalami kredit bermasalah yang disebabkan karena adanya faktor internal dan faktor eksternal, (2) dalam mengatasi kredit bermasalah, langkah-langkah yang dilakukan oleh pihak BUMDes adalah dengan melakukan kunjungan secara kekeluargaan, mengadakan pengawasan kepada debitur, memberikan surat peringatan, dan menerapkan sanksi adat apabila masyarakat yang bersangkutan hendak melaksanakan upacara pernikahan, dan (3) pelaksanaan sanksi manusa saksi yang diterapkan pada BUMDes di Desa “Sukamaju” sudah berjalan dengan baik.
Kata Kunci : efektivitas sistem pengendalian internal, sanksi adat, kredit bermasalah.

This study aimed at determining (1) the cause of non-performing loans at BUMDes in "Sukamaju" Village Kubutambahan Sub-district Buleleng District, (2) the tips or steps to overcome non-performing loans at BUMDes in Sukamaju Village and (3) the effectiveness of the application of adat ‘custom’ custom’s sanctions in addressing the non-performing loans on BUMDes in "Sukamaju" Village. This research was conducted in "Sukamaju" Village, Kubutambahan Sub-district, Buleleng Regency. The design of this study was descriptive qualitative. The data were collected through interview, documentation and observation. The data analysis techniques in this study consisted of data collection, data reduction, data display, and verification and conclusions. The results of the research indicated that (1) BUMDes in Sukamaju Village experienced non-performing loans due to internal factors and external factors, (2) in handling non-performing loans, the steps undertaken by BUMDes were by conducting visits in a familial way, supervising to the debtor, sending warning letters, and applying custom’s sanctions when the concerned community was going to conduct a marriage ceremony, and (3) the implementations of the sanctions on manusia saksi a ‘traditional ceremony for human’s wellbeing’ applied by BUMDes in "Sukamaju" Village were going well.
keyword : effectiveness of internal control system, adat’s ‘custom’ sanctions, non-performing loans.

Published

2018-02-14

Issue

Section

Articles