Analisis Prediksi Kebangkrutan dengan Metode Analisis Z-Score model Altman, Model Springate, dan Model Zmijewski pada Perusahaan Property dan Real Estate Go Public di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015

Authors

  • Dimas Bayu Budi Raharja .
  • Made Arie Wahyuni, S.E., M.Si. .
  • Ni Kadek Sinarwati, S.E., M.Si., Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.14539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa prediksi kebangkrutan perusahaan property dan real estate yang terdaftar di BEI dengan metode analisis Altman Z-Score, Springate, dan Zmijewski. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan property dan real estate. Perusahaan property dan real estate yang terdaftar di BEI hanya 26 perusahaan yang memenuhi kriteria yang ada. Sampel diperoleh dengan purposive sampling yaitu memilih sampel dengan kriteria tertentu, sehingga sesuai dengan penelitian yang dirancang. Jenis data yang dipakai adalah data sekunder, teknik pengambilan sampel data ini diperoleh dari data historis perusahaan property dan real estate, studi literatur, laporan penelitian, dan laporan keuangan yang diterbitkan BEI yang diakses melalui internet yang telah diaudit selama tiga tahun dari tahun 2013-2015. Teknik analisa data yang digunakan adalah model Altman Z-Score, model Springate, dan model Zmijewski. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) model analisis di atas yang paling akurat adalah Z-Score model Altman. (2) tidak adanya perusahaan bangkrut sesuai kenyataan, karena keseluruhan sampel perusahaan property terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) masih beroperasi dengan baik.
Kata Kunci : Altman Z-score, Kebangkrutan, Springate, Zmijewski

This study aims to analyze the predicted bankruptcy of property and real estate firms listed on the Stock Exchange with analysis methods Altman Z-Score, Springate, and Zmijewski. The research was conducted on property and real estate companies. Property and real estate companies listed on the IDX are only 26 companies that meet the criteria. The sample is obtained by purposive sampling that is selecting the sample with certain criterion, so that according to the research that is designed. The type of data used is secondary data, this data collection technique is obtained from the historical data of property and real estate companies, literature studies, research reports, and financial reports published IDX accessed via the internet that has been audited for three years from 2013-2015 . Data analysis techniques used are Altman Z-Score model, Springate model, and Zmijewski model. The results of this study show (1) the most accurate analysis model is Z-Score Altman model. (2) the absence of a bankrupt company in fact, since the entire sample of property companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) is still operating well.
keyword : Altman Z-score, Bankruptcy, Springate, Zmijewski

Published

2018-07-09

Issue

Section

Articles