Pengaruh Efektivitas Sistem Perpajakan, Akuntabilitas Pelayanan Publik dan Penyuluhan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus di KPP Pratama Gianyar)

Authors

  • Ni Kadek Kiki Kurniawati .
  • I Nyoman Putra Yasa, S.E., M.Si. .
  • Putu Sukma Kurniawan, S.T., M.A. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.14565

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Efektivitas Sistem Perpajakan, Akuntabilitas Pelayanan Publik, dan Penyuluhan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Gianyar. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Gianyar. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Skala pengukuran yang digunakan dalam kuesioner adalah skala likert. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Kuesioner diberikan kepada responden yang dapat ditemui secara langsung atau secara kebetulan sedang berada di KPP Pratama Gianyar (accidental sampling). Untuk mengetahui keabsahan data, dilakukan uji kualitas data yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah memenuhi uji kualitas data, maka dilakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t, uji F, dan koefisien daterminasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah Efektivitas Sistem Perpajakan, Akuntabilitas Pelayanan Publik, dan Penyuluhan Perpajakan berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Gianyar baik secara individu maupun secara bersama.
Kata Kunci : efektivitas, akuntabilitas, penyuluhan, dan kepatuhan

This study aimed at determining the effects of the of tax system effectiveness, publicly accountable entities, and tax support on the tax-payer compliance in KPP Pratama Gianyar. The population in this study was an individual tax-payer registered in KPP Pratama Gianyar. The primary data in this study were obtained through the distribution of questionnaires. The measurement scale used in the questionnaire was the Likert scale. The sampling technique used in this research was accidental sampling. Questionnaires were distributed to respondents who were met directly or by chance. To determine the validity of the data, they were tested through the validity and reliability test. After conducting the data quality test, the classical assumption test was carried out, consisting of normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test. The hypothesis was tested with the t-test, F test, and determinatient coefficient test. The data were analyzed by using multiple linear regression method. The results of this study showed that the tax system effectiveness, publicly accountable entities, and tax support have affected the tax-payer compliance in KPP Pratama Gianyar either individually or collectively.
keyword : effectiveness, accountable, support, and compliance

Published

2018-07-11

Issue

Section

Articles