ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL KAS DAN PENGGAJIAN PADA KOPERASI WIDYA SANTHI DESA PAKRAMAN JASRI SUBAGAN KARANGASEM

Authors

  • I Ketut Putra Januada .
  • Made Aristia Prayudi, S.A., M.Sc., Ak. .
  • I Putu Julianto, SE., M.Si., Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.14573

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sistem pengendalian internal pengelolaan kas dan gaji karyawan Koperasi Widya Santhi. Serta untuk mengetahui saran tindak yang dapat diberikan terkait Sistem Pengendalian Internal pada Koperasi Widya Santhi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan sekunder. Data primer dan sekunder didapat melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa analisis deskriptif dengan cara mendeskripsikan temuan melalui kata-kata yang didapat dari wawancara mendalam maupun observasi selanjutnya menganalisis temuan berdasarkan sistem pengendalian internal. Hasil penelitian menunjukan Sistem pengendalian internal pada Koperasi Widya Santhi memiliki sistem pengendalian yang lumayan baik akan tetapi penerapananya buruk yang disebabkan oleh tidak adanya aturan resmi yang mengikat terkait pemberian kredit pada koperasi. Hal ini ditunjukan dengan banyaknya nasabah mengalami kredit macet di Koperasi Widya Santhi. Selain pada kredit macet di Koperasi Widya Santhi juga mengalami masalah pada sistem penggajian, tidak adanya aturan resmi dan tidak adanya transparansi gaji menyebabkan adanya tindakan kecurangan berupa pemberian gaji kepada non pegawai Koperasi Widya Santhi.
Kata Kunci : Sistem Pengendalian Intern, Kas, Penggajian.

The purpose of this study to determine the internal control system cash management and salaries at Widya Santhi cooperative. And to know the suggestion of action that can be given related to Internal Control System at Widya Santhi Cooperative. The Research method that used in this research is qualitative method by using two data source, that is primary and secondary data. Primary and secondary data obtained through interviews, observation, and documentation. Technique of data analysis in this research is descriptive analysis by describing findings through words obtained from in-depth interview and later observation to analyze findings based on internal control system. The result of the research shows that the internal control system in Widya Santhi Cooperative has a good controlling system, but there is a bad. Implementation in there, is caused by the absence of binding official rules related to the provision of credit to the cooperative. This is indicated by the number of the customers by having bad credit in the Widya Santhi Cooperative. In addition to bad debts in Cooperative Widya Santhi also experienced problems in the payroll system, the absence of official rules and the absence of transparency of salary led to fraudulent action in the form of salary to non employees at Widya Santhi Cooperative.
keyword : Internal Control System, Cash, Payroll.

Published

2018-07-11

Issue

Section

Articles