ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL ATAS RETRIBUSI PARKIR DALAM MEMINIMALKAN TINDAKAN PUNGUTAN LIAR (PUNGLI) OLEH JURU PARKIR KOTA DENPASAR

Authors

  • I Ketut Aditya Kuntara Wijaya .
  • Made Aristia Prayudi, S.A., M.Sc., Ak. .
  • Gede Adi Yuniarta, S.E.Ak, M.Si. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.14698

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme sistem pengendalian internal dan faktor yang melatarbelakangi terjadinya pungutan liar. Serta upaya serta strategi Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar dalam meminimalkan tindakan pungutan liar retribusi parkir yang dilakukan oleh juru parkir di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan dua jenis data. Pertama, data primer yang dikumpulkan berasal dari opini subjek yang diperoleh dari hasil wawancara. Sedangkan data sekunder berupa dokumen pengelolaan parkir, peraturan tentang pengelolaan retribusi parkir serta isu masalah pengelolaan parkir. Selanjutnya data dikumpulkan dan melakukan analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data, menafsirkan, dan menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menjelaskan bahwa mekanisme pengendalian, proses perizinan dan pengelolaan parkir sudah sesuai dengan SOP dan peraturan daerah, namun dalam penegakkan sanksi masih belum optimal. Faktor yang menyebabkan penerapan sanksi menjadi belum optimal yaitu sumber daya manusia. Tindakan pungutan liar yang dilakukan oleh juru parkir dipengaruhi oleh tekanan, peluang, dan rasionalisasi. Sedangkan Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar dalam melakukan pengawasan masih belum memadai, sehingga penegakan sanksi tidak optimal. Oleh karena itu, guna menjaga fungsi pengendaliannya Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar maka akan membentuk tim patroli tambahan untuk setiap kecamatan di wilayah Denpasar, peningkatan kinerja SDM seksi pengawasan dan pengamanan parkir, penggunaan parkir elektronik, selain kegiatan patroli yang sudah dilakukan. Adapun saran kepada Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar agar memberikan pembinaan mengenai aturan perparkiran yang berlaku dan memperhatikan kesejahteraan sehingga dapat meminimalkan tindakan pungutan liar retribusi parkir.
Kata Kunci : Kata kunci : retribusi parkir, pungutan liar, sistem pengendalian internal

This study aims to determine the internal control system and factor causing illegal levy. And the efforts and strategies of the Denpasar Regional Parking Company in the act of illegal levy of parking fees by the parking attendant in Denpasar City. This research uses a qualitative research type using two types of data. First, the primary data collected from the subject information obtained from interviews. While secondary data in the form of parking management documents, arrangements on the management of parking fees and issues of parking management issues. Further data collected and performed data analysis by doing data reduction, present data, turn on, and draw conclusions. With the results of research that explains that the mechanism, process and parking management is in accordance with SOP and regulation, but in enforcement is still not optimal. Factors that cause improper application: human resources. Illegal levies committed by parking attendants by, opportunities, and rationalization. While the Denpasar Regional Parking Company in conducting supervision is still not adequate, not optimal penalty enforcement. Therefore, the controlling functions of the Denpasar Regional Parking Company will then make the additionl patrol teams for each sub district in Denpasar, human resources and transportation improvement, the use of electronic parking, in addition to the activities that have been undertaken. Suggestions for Denpasar Municipal Parking Company to provide guidance for government and parking fees.
keyword : Keywords : parking charges, illegal fees, internal control systems

Published

2018-07-19

Issue

Section

Articles