PENGARUH PROGRAM SAMSAT CORNER, SAMSAT KELILING DAN KEPUASAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) (Studi Empiris Pada Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal di Bawah Satu Atap (SAMSAT) Denpasar)

Authors

  • I Made Hongki Dwipayana .
  • Putu Eka Dianita Marvilianti Dewi, S.S.T .
  • I Nyoman Putra Yasa, S.E., M.Si. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.14736

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Program SAMSAT Corner, SAMSAT Keliling dan Kepuasan Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal di Bawah Satu Atap (SAMSAT) Denpasar. Adapun populasi penelitian ini adalah wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor SAMSAT Denpasar. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data primer yaitu data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner, sedangkan data sekunder yaitu sumber yang tidak langsung memberikan data kepada pengumpul data. Skala pengukuran yang digunakan dalam kuesioner adalah skala likert. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling incidental. Kuesioner diberikan kepada wajib pajak berdasarkan kebetulan yaitu dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang yang kebetulan ditemui cocok sebagai sumber data (sampling incidental). Untuk mengetahui keabsahan data, dilakukan uji kualitas data yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah memenuhi uji kualitas data, maka dilakukan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji T dan koefisien daterminasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah program SAMSAT Corner, SAMSAT Keliling, dan Kepuasan Wajib Pajak berpengaruh signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).
Kata Kunci : SAMSAT Corner, SAMSAT Keliling, Kepuasan dan Kepatuhan

This study aimed at determining the effects of the of Program SAMSAT Corner, SAMSAT Roving, and tax payer’s satisfaction to the obedience of paying motorized vehicle tax in the Denpasar office of one roof system. The population in this study was an tax-payer motorized vehicle registered in the Denpasar office of one roof system. Sources of data in this study are primary data and secondary data, primary data is data obtained through the spread of questionnaires, while secondary data is a source that does not directly provide data to data collectors. The measurement scale used in the questionnaire was the Likert scale. The sampling technique used in this research was sampling incidental. Questionnaire given to the taxpayer by chance that can be used as a sample when viewed by people who happened to be found suitable as a source of data (sampling incidental). To determine the validity of the data, they were tested through the validity and reliability test. After conducting the data quality test, the classical assumption test was carried out, consisting of normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, and auto correlation test. The hypothesis was tested with the T-test and determinatient coefficient test. The data were analyzed by using multiple linear regression method. The results of this study showed that the Program SAMSAT Corner, SAMSAT Roving, and tax payer’s satisfaction to the obedience of paying motorized vehicle tax in the Denpasar office of one roof system.
keyword : Program SAMSAT Corner, SAMSAT Roving, satisfaction, the obedience of paying tax

Published

2018-07-20

Issue

Section

Articles