ANALISIS PROSEDUR PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH PADA UNIT USAHA SIMPAN PINJAM BUMDES SARI MEKAR DESA SARI MEKAR, KECAMATAN BULELENG, KABUPATEN BULELENG

Authors

  • I Gusti Ayu Komang Laksmi Dewi .
  • Made Aristia Prayudi, S.A., M.Sc., Ak. .
  • Dr. Anantawikrama Tungga Atmadja, S.E., .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.14751

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana prosedur penyaluran kredit unit usaha simpan pinjam BUMDES Sari Mekar Desa Sari Mekar, (2) mengapa prosedur penyaluran kredit tidak mampu mencegah terjadinya kredit macet, (3) bagaimana tindakan yang dilakukan oleh BUMDes dalam mengatasi kredit macet. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan pengurus BUMDes “Sari Mekar” Desa Sari Mekar.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) analisis data dan penarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Prosedur penyaluran kredit pada BUMDes Sari Mekar sudah mengikuti prosedur yang baku dan sudah lazim. Dan dalam proses pengajuan kreditnya sudah dilaksanakan secara terstruktur. (2)Prosedur penyaluran kredit tidak mampu mencegah terjadinya kredit macet karena disebabkan dari pihak Nasabah yaitu sebagai berikut: Karakter Buruk, Kurangnya pemahaman masyarakat tentang kredit BUMDes, Penyalahgunaan Dana yang Telah Diberikan, Bencana Alam dan Perubahan Iklim yang Tidak Menentu. (3) Tindakan yang dilakukan oleh BUMDes Sari Mekar dalam mengatasi Kredit Macet yaitu dengan melakukan suatu Pendekatan Edukatif, yaitu suatu pendekatan yang berasaskan kekeluargaan dan kebersamaan.
Kata Kunci : prosedur penyelesaian kredit, kredit bermasalah, pendekatan edukatif, BUMDes.

This study aimed at discovering; (1) procedure of loan distribution of loan save unit in BUMDes Sari Mekar, Sari Mekar Village, (2) reasons why the procedure could not prevent the loan problems, and (3) action to deal with the loan problem. This study was a descriptive qualitative study. Data in this study were primary data obtained from interview, observation, and documentation. Techniques of analysis data in this study were 1) data reduction, 2) data display, 3) data analysis and generating conclusion. The results of the study show that; (1) procedure of credit distribution of loan save unit in BUMDes Sari Mekar, Sari Mekar Village has followed the rule and prevalent and the loan proposal has been wellstructured. (2) loan distribution procedure could not prevent the loan problems due to some clients’ problem such as bad attitude, lack of understanding towards BUMDes loan, funding abuse, natural disaster, and climate change. (3) the action done by BUMDes Sari Mekar to prevent loan problem is through educational approach namely an approach based on kinship and togetherness.
keyword : BUMDes, educational approach, loan problem, loan settlement procedur

Published

2018-07-20

Issue

Section

Articles