EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PADA PEMBERIAN KREDIT DI LEMBAGA PERKREDITAN DESA (LPD) DESA PAKRAMAN PENGLATAN, KECAMATAN BULELENG, KABUPATEN BULELENG.

Authors

  • PUTU RISMAYANI .
  • I Putu Julianto, SE., M.Si., Ak. .
  • I Nyoman Putra Yasa, S.E., M.Si. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.16792

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana Sistem Pengendalian Internal diterapkan dalam pemberian kredit di Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Penglatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan pengurus LPD Desa Pakraman Penglatan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) analisis data dan penarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prosedur pemberian kredit pada LPD Desa Pakraman Penglatan sudah mengikuti prosedur yang baku dan sudah lazim. Dan dalam proses pengajuan kreditnya sudah dilaksanakan secara terstruktur. (2) Penilaian kelayakan penerima kredit dengan analisis 5C di LPD Desa pakraman Penglatan sudah diterapkan secara maksimal jika dilihat dari prosedur pemberian kredit. (3) Sistem Pengendalian Internal yang dilakukan dalam penilaian kelayakan pemberian kredit pada LPD Desa Pakraman Penglatan sudah baik dan di kategorikan memadai, begitu juga dalam pengelolaan aktivitas keseharian di LPD Desa Pakraman Penglatan.
Kata Kunci : prosedur pemberian kredit, sistem pengendalian internal, LPD.

This study aimed at discovering (1) internal controlling system of loan distribution at LPD DesaPenglatan. This study was a descriptive qualitative study. The study used primary data obtained from interview with the LPD staffs. There were three data collection techniques used namely, interview, observation, and documentation. The data were analyzed through several techniques namely, 1) data reduction, 2) data display, 3) data analysis and conclusion generating. The results of the study show that (1) The loan proposal and distribution have followed the standard and regular procedure. (2) The feasibility of borrower has been maximally assessed using 5C analysis. (3) internal controlling system at LPD DesaPenglatan and its daily management is considered as good and adequate.
keyword : loan distribution procedure, internal controlling system, LPD

Published

2019-02-18

Issue

Section

Articles