Pengaruh Pendidikan Etika Bisnis Dan Profesi, Perkembangan Moral, Dan Persepsi Tekanan Etis Terhadap Perilaku Etis Pada Mahasiswa Akuntansi Program S1 Undiksha

Authors

  • I Nyoman Restu Asta Nugraha .
  • Nyoman Trisna Herawati, S.E.Ak., M.Pd. .
  • I Putu Julianto, SE., M.Si., Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.16812

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pendidikan etika bisnis dan profesi, perkembangan moral, dan persepsi tekanan etis terhadap perilaku etis mahasiswa Akuntansi Program S1 Undiksha. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Akuntansi Program S1 Undiksha tahun angkatan 2015 sebanyak 367 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode probability sampling sebanyak 192 orang. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 24.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan etika bisnis dan profesi, perkembangan moral, dan persepsi tekanan etis berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku etis. Implikasi dari penelitian ini adalah agar Universitas dapat menghasilkan lulusan yang memiliki perilaku etis dan berkualitas sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja.
Kata Kunci : Pendidikan etika bisnis dan profesi, perkembangan moral, persepsi tekanan etis, perilaku etis

This study aimed to determine the effect of business and professional ethics education, moral development, and ethical pressure perceptions variables on the ethical behavior of the students of Accounting Undergraduate Program, Undiksha. This study used primary data collected by using a questionnaire which was then processed with quantitative methods. The population in this study were all Accounting program students year 2015 with the total of 367 people. The sample in this study was 192 students taken by probability sampling method. The analysis methods used this study were multiple linear regression analysis, t test, and coefficient of determination using the SPSS 24.0 for Windows program. The results of this study indicated that business and professional ethics education, moral development, and ethical pressure perceptions had a positive and significant effect on ethical behavior. The implication of this research is that the University can produce graduates who have ethical and qualified behavior so that they can compete in the working field.
keyword : Business and professional ethics education, moral development, ethical pressure perception, ethical behavior.

Published

2019-02-20

Issue

Section

Articles