ANALISIS PENERAPAN SANKSI SEKALA (NYATA) TERHADAP EVALUASI KEBERHASILAN PENGENDALIAN KREDIT MACET PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA (Studi pada LPD Desa Sudaji)

Authors

  • Luh Eka Putri Suastini .
  • Putu Sukma Kurniawan, S.T., M.A. .
  • Made Aristia Prayudi, S.A., M.Sc., Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v8i2.16834

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan sanksi sekala (nyata) di LPD Sudaji yang digunakan untuk meminimalisir adanya kredit macet di LPD Sudaji, (2) Untuk mengetahui dan menganalisis apa yang menjadi kendala dalam penerapan sanksi sekala (Nyata) Di LPD Sudaji, (3) Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana dampak dari adanya peraturan LPD serta sanksi sekala (nyata) tersebut dalam mengatasi permasalahan kredit macet di LPD Sudaji. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan sanksi sekala (nyata) di LPD Sudaji memang sangat penting untuk diterapkan karena dengan adanya penerapan sanksi maka akan meminimalisir terjadinya kredit macet. Pihak LPD menerapkan sanksi sekala (nyata) yang berupa sanksi yang bersifat undang – undang dan sanksi yang bersifat adat. Kendala dalam penerapan sanksi sekala (Nyata) Di LPD Sudaji merupakan kendala yang tidak terlalu berpengaruh pada penerapan sanksi di LPD Sudaji. Dampak dari adanya peraturan serta sanksi sekala (nyata) dirasakan oleh pihak kreditur, debitur serta pihak LPD sendiri.
Kata Kunci : Evaluasi, Kredit Macet, Sanksi Sekala (Nyata)

The aims of this study were (1) finding out and analyzing how the application of sekala (real) sanction in the Village Credit Institution (LPD) of Sudaji Village which was used to minimize the existence of trouble credit at LPD Sudaji, (2) finding out and analyzing what was the obstacle in applying sekala sanction at LPD Sudaji, (3) finding out and analyzing how the impact of the LPD regulation and the sekala sanction in overcoming the problem of trouble credit at LPD Sudaji. This research was conducted by using qualitative method. The data were collected through observation, interview, and documentation. The results of the study showed that the application of sekala sanction in the LPD Sudaji was indeed very important to implement because with the implementation of this sanction it would minimize the occurrence of trouble credit. The LPD applied sekala sanction in the form of law and customary sanction. The obstacle in applying sekala sanction at LPD Sudaji was an obstacle that was not too influential on the implementation of sanction at LPD Sudaji. The impact of the existence of regulations and sekala sanction was felt by creditors, debtors and LPD parties themselves.
keyword : Evaluation, Trouble Credit ,Sekala (real) Sanctions

Published

2019-02-22

Issue

Section

Articles