ANALISIS PENYUSUNAN KONSEP SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN MANAJEMEN RISIKO PADAPENGELOLAAN KREDIT BADAN USAHA MILIK DESA (STUDI KASUS PADA BUMDes BINA USAHA MANDIRI DESA DENCARIK KECAMATAN BANJAR KABUPATEN BULELENG)

Authors

  • Gusti Putu Agus Ardika
  • Putu Sukma Kurniawan
  • Gusti Ayu Ketut Rencana Sari Dewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v9i1.20390

Abstract

Organisasi bisnis merupakan organisasi yang mempunyai tujuan untuk mencari keuntungan. Banyaknya organisasi yang ada menjadi perhatian bagi pemerintah setempat sebagai penunjang modal pada pengelolaan keuangan dengan berbagai realisasi-realisasi yang diwujudkan yakni melalui suatu program gerakan membangun desa atau Gerbang Sadu Mandara (GSM) untuk mengentaskan kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun konsep baru sistem informasi akuntansi dan manajemen risiko pada pengelolaan kredit BUMDes Bina Usaha Mandiri Desa Dencarik yang memiliki latar belakang sistem informasi akuntansi yang masih sederhana dan belum menerapkan manajemen risiko.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, analisis data triangulasi dan penarikan kesimpulan berdasarkan teori yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini yaitu: penyusunan konsep baru sistem informasi akuntansi dan manajemen risiko pada pengelolaan kredit.

Downloads

Published

2020-05-09

Issue

Section

Articles