ANALISIS PENGELOLAAN KREDIT TERNAK SAPI DENGAN SISTEM KADAS-MENGADAS UNTUK MENCAPAI SOCIAL ORIENTED PADA AKTIVITAS OPERASI LEMBAGA PERKREDITAN DESA (Studi pada LPD Desa Pakraman Bondalem, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng)

Luh Gede Widya Asty Dewayanti, Putu Sukma Kurniawan

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) latar belakang LPD Desa Pakraman Bondalem mengeluarkan kredit ternak sapi dengan sistem kadas – mengadas; (2) pengelolaan kredit ternak sapi; (3) tujuan sosial (social oriented) dalam pengelolaan kredit ternak sapi; (4) faktor peningkatan kredit ternak sapi pada LPD Desa Pakraman Bondalem. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang disajikan mengikuti kerangka teoritis yang telah peneliti susun sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya kredit ternak sapi dilatarbelakangi oleh banyaknya masukan masyarakat dan kondisi Desa serta menggunakan sistem kadas-mengadas dengan keuntungan lebih besar pengadas; (2) pengelolaan kredit ternak sapi menggunakan proses perencanaan, pelaksanaan, pencatatan dan pelaporan serta sudah sesuai SOP yang berlaku; (3) pencapaian tujuan sosial (social oriented) dalam kredit ternak sapi adalah untuk membantu masyarakat dan mensejahterakan masyarakat petani; (4) faktor peningkatan kredit ternak sapi yaitu adanya sosialisasi, syarat dan prosedur yang mudah, minat masyarakat besar, sistem kadas-mengadas dan kondisi di Desa Bondalem.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v9i3.20410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.