PENGUJIAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PENGGUNA SAMSAT ONLINE (STUDI PADA KANTOR SAMSAT KABUPATEN BULELENG)

Kadek Ayu Monica Pastika Putri, I Nyoman Putra Yasa, Made Arie Wahyuni

Abstract


Abstrak  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel persepsi kemudahan, persepsi kebermanfaatan, dan minat pengguna terhadap penerapan sistem pembayaran samsat online. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian adalah metode penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari data kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Samsat Kabupaten Buleleng. Populasi pada penelitian ini adalah  wajib pajak kendaraan bermotor roda dua yang terdaftar di Kantor Samsat Kabupaten Buleleng yang berjumlah 366.391. Metode penarikan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 348 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 20v. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel kebermanfaatan sistem (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, varibel kemudahan pengguna sistem (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, variabel minat pengguna sistem (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v9i2.20411

Article Metrics

Abstract view : 332 times
PDF file view : 472 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.