ANALISIS PERBANDINGAN PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUK KAIN SUTRA MASTULI : SISTEM BAGI HASIL DENGAN SISTEM UPAH PERUNIT PRODUKSI (Studi Kasus Pada Usaha Tenun Tradisional Raini Di Desa Kalianget, Kecamatan Seririt)

Authors

  • Komang Ariati
  • Putu Eka Dianita Marvilianti Dewi
  • Gusti Ayu Ketut Rencana Sari Dewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v9i1.20412

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perusahaan menghitunga harga pokok produknya guna menentukan harga jual. Kemudian peneliti ingin membandingkan perhitungan harga pokok produk dengan sistem bagi hasil menurut perusahaan, sistem bagi hasil menurut metode full costing, dan sistem upah per unit produksi.
Penelitian ini dilakukan di usaha tenun tradisional Raini di desa Kalianget, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, dan pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini difokuskan pada suatu proses produksi kain sutra mastuli.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Usaha Raini menginginkan laba sebesar 40% dari total produksi. Menurut perhitungan harga pokok produksi sistem bagi hasil sebesar Rp255.388 dengan harga jual Rp357.543 per produk, perhitungan sistem bagi hasil menggunakan metode full costing di dapat perhitungan sebesar Rp264.403 dengan harga jual sebesar Rp372.254. Sedangkan perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan sistem upah per unit produksi sebesar Rp259.540 dengan harga jual sebesar Rp364.756.

Downloads

Published

2020-05-09

Issue

Section

Articles