PENGARUH SENSITIVITAS INDUSTRI, KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK, UKURAN DEWAN KOMISARIS, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN KINERJA EKONOMI, SOSIAL DAN LINGKUNGAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR PADA INDEKS SRI KEHATI PERIODE 2013-2017

Kintan Fabella Mutia, Made Arie Wahyuni

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sensitivitas industri, kepemilikan saham publik, ukuran dewan komisaris dan leverage terhadap pengungkapan kinerja ekonomi, sosial dan lingkungan pada perusahaan yang terdaftar di Indeks SRI KEHATI periode 2013-2017. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan penelitian kuantitatif, data yang digunakan adalah berbentuk angka. Sumber data berupa data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung atau melalui media perantara. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Indeks SRI KEHATI periode 20132017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan beberapa kriteria. Sehingga sampel yang dihasilkan adalah sebanyak 22 perusahaan dalam periode 2013-2017. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda berbantuan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sensitivitas industri, kepemilikan saham publik, dan ukuran dewan komisaris secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan kinerja ekonomi, sosial dan lingkungan. Berbeda dengan hasil leverage yaitu memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan kinerja ekonomi, sosial dan lingkungan. Kata kunci : corporate social responsibility, kepemilikan saham publik, leverage, sensitivitas industri, ukuran dewan komisaris.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v9i3.20415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.