ANALISIS EFEKTIFITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENINGKATKAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (STUDI PADA BADAN USAHA MILIK DESA MANDALA GIRI AMERTHA DESA TAJUN)

K Chandra Dewi, Putu Sukma Kurniawan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sistem informasi akuntansi, kendala dan solusi penerapan sistem informasi akuntasi dalam meningkatkan transpansi pengelolaan keuangan, serta mengetahui kinerja BUM Desa Mandala Giri Amertha dalam meningkatkan perekonomian desa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Data primer berupa hasil wawancara dari subjek penelitian. Sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur yang berhubungan dengan topik penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta analisis dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa efektivitas sistem informasi akuntansi mampu meningkatkan transparansi. Ada beberapa kendala dalam penerapan sistem informasi akuntansi, seperti piranti keras, piranti lunak maupun personalnya. Namun kendala yang dihadapi tersebut tidak terlalu berarti bagi BUM Desa Mandala Giri Amertha dalam hal meningkatkan transparansi pengelolaan keuangan. Selanjutnya kinerja baik yang dimiliki BUM Desa Mandala Giri Amertha memiliki implikasi terhadap peningkatan perekonomian desa.

Kata kunci : sistem informasi akuntansi, transparansi, BUM Desa


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v9i3.20418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Akreditasi SINTA 5



Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.