ANALISIS PENGELOLAAN DANA SOSIAL SEBAGAI BENTUK CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY UNTUK MENINGKATKAN REPUTASI LEMBAGA PERKREDITAN DESA (STUDI PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA SUMBERKIMA DAN LEMBAGA PERKREDITAN DESA PEJARAKAN)

Ni Nyoman Vira Somania, Putu Sukma Kurniawan

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui daftar CSR yang dilakukan, pengelolaan dana sosial dan dampak kegiatan CSR terhadap reputasi pada LPD. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, CSR LPD Sumberkima dan LPD Pejarakan dilakukan dalam beberapa program, diantaranya sosial, adat dan budaya, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan lain-lain. Kedua, LPD Sumberkima dan LPD Pejarakan telah melakukan penghimpunan dana sosial sebanyak 5% dari SHU, melakukan pencatatan khusus untuk dana sosial, dan melaporankan dana sosial sebagai kewajiban lain-lain pada neraca. Ketiga, pengelolaan dana sosial pada LPD Sumberkima dan LPD Pejarakan yang merupakan salah satu bentuk CSR dapat meningkatkan reputasi kedua LPD tersebut.
Kata Kunci: Pengelolaan, Dana Sosial, CSR, Reputasi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v9i3.20420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.