ANALISIS PENERAPAN APLIKASI AKUNTANSI BERBASIS ANDROID LAMIKRO UNTUK MEMBANTU USAHA MIKRO MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN SESUAI SAK EMKM (Studi Pada Toko Bali Bagus)

Luh Putu Windayani, Nyoman Trisna Herawati

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) laporan keuangan yang seharusnya dibuat Toko Bali Bagus sesuai SAK EMKM menggunakan aplikasi Lamikro (2) kendala yang dialami Toko Bali Bagus dalam menyusun laporan keuangan sesuai SAK EMKM menggunakan aplikasi Lamikro. Rancangan penelitian ini adalah kualitatif dengan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data serta diakhiri dengan kesimpulan. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penyusunan laporan keuangan sesuai SAK EMKM menggunakan aplikasi LAMIKRO pada Toko Bali Bagus terdiri dari : (a) Laporan posisi keuangan dengan jumlah aset Rp 54.688.453, jumlah utang dan modal Rp 54.688.453 (b) Laporan laba rugi dengan jumlah laba Rp 4.146.335, (2) kendala yang dialami Toko Bali Bagus dalam menyusun laporan keuangan sesuai SAK EMKM menggunakan aplikasi LAMIKRO : kurangnya pengetahuan akuntansi, akun dalam aplikasi LAMIKRO tidak dapat diedit ataupun membuat akun baru, jurnal yang sudah di entri tidak bisa diedit.
Kata Kunci: aplikasi LAMIKRO, penyusunan laporan keuangan, SAK EMKM.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v9i3.20423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Akreditasi SINTA 5



Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.