ANALISIS KOMPARASI PENGARUH FAKTOR EKONOMI MAKRO, EARNING PER SHARE, DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS LQ45 DAN JAKARTA ISLAMIC INDEX (JII) DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2017

Luh Putu Suryantini, Made Arie Wahyuni

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inflasi, nilai tukar, earnings per share dan return on equity terhadap return saham pada indeks LQ45 dan Jakarta Islamic Index (JII). Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan penelitian kuantitatif karena data yang digunakan adalah berbentuk angka. Sumber data berupa data sekunder yang diperoleh melalui website Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan kategori saham indeks LQ45 dan Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2015-2017 yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 75 perusahaan dikalikan 3 tahun menjadi 225 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan beberapa kriteria. Sehingga sampel yang dihasilkan adalah sebanyak 35 perusahaan dalam periode 2015-2017. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda berbantuan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inflasi, nilai tukar, earning per share, dan return on equity secara parsial menunjukkan berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham pada indeks LQ45 dan Jakarta Islamic Index (JII). Sementara itu, kedua indeks dinyatakan memiliki pengaruh yang sama dengan variabel inflasi, nilai tukar, earnings per share, dan return on equity, tetapi pengaruhnya lebih banyak pada indeks Jakarta Islamic Index (JII) daripada indeks LQ45.

Kata kunci: inflasi, nilai tukar, earnings per share, return on equity, return saham


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v9i3.20427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Akreditasi SINTA 5



Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.