PEMANFAATAN AWIG-AWIG DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN DESA PAKRAMAN BANJAR, DI DESA BANJAR, KECAMATAN BANJAR, KABUPATEN BULELENG

I Gusti Ayu Desy Juliantari, Anantawikrama Tungga Atmadja

Abstract


Abstrak
Dalam masyarakat Bali, fungsi pengelolaan keuangan pada desa pakraman sangat menarik untuk dicermati karena dalam fungsi tersebut dipadukan dengan unsur-unsur adat dan tradisi yang berkembang di desa pakraman. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) latar belakang diadakannya pungutan iuran pengampel, ketika desa telah mendapatkan dana dari pemerintah, 2) peran awig-awig dalam pengelolaan keuangan desa, 3) prosedur pengelolaan dana berdasarkan good governance. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, analisis dokumen, dan kepustakaan. Teknik analisis dalam penelitian ini, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) iuran pengampel tetap diadakan karena berguna sebagai pengikat krama banjar. 2) peran awig-awig dalam pengelolaan keuangan adalah sebagai penopang akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi masyarakat agar pendapatan desa pakraman dapat lebih meningkat. 3) dalam menjalankan pemerintahan, aparat desa berpedoman pada konsep good governance baik dari perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban.

Kata kunci: Awig-Awig, Iuran Pengampel , Pengelolaan Keuangan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v9i3.20434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.