PENGARUH PARTISIPASI PENGGUNA, KEMAMPUAN PENGGUNA, DAN DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK TERHADAP KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA KOPERASI DI KABUPATEN BULELENG

Kadek Wahyu Dharma Laksana, I Putu Julianto

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi pengguna, kemampuan pengguna, dan dukungan manajemen puncak terhadap kinerja sistem informasi akuntansi pada koperasi di Kabupaten Buleleng. Populasi penelitian sebanyak 308 pegawai bagian akuntansi. Penentuan sampel menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel 46 pegawai bagian akuntansi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportional cluster sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berupa data berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden di masing-masing Koperasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda berbantuan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi pengguna, kemampuan pengguna, dan dukungan manajemen puncak secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja sistem informasi akuntansi pada koperasi di Kabupaten Buleleng. Adapun saran yang diberikan kepada koperasi di Kabupaten Buleleng dalam meningkatkan partisipasi pengguna dan kemampuan pengguna seperti mengikuti pelatihan ataupun jenjang pendidikan sistem informasi. Selain itu, dukungan manajemen puncak ditingkatkan dengan menyediakan sumber daya yang diperlukan dalam menunjang kinerja sistem informasi akuntansi.

Kata kunci : kinerja sistem informasi akuntansi, partisipasi pengguna, kemampuan pengguna, dukungan manajemen puncak


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v9i3.20436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.