“Eksistensi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) DalamPengelolaan Simpan Pinjam Melalui Pelaksanaan Tradisi Mungkah”

Authors

  • 1Luh Natalia Anggri Aprianti
  • Anantawikrama Tungga Atmadja
  • Nyoman Trisna Herawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v9i2.20440

Abstract

Abstrak
 
PKK Dharma Kerti Tukadmungga menjalankan kegiatan simpan pinjam yang terbilang unik karena dilaksanakan melalui tradisi mungkah. Hal inilah yang mendasari PKK Dharma Kerti menarik dikaji untuk mengetahui 1) latar belakang munculnya pengelolaan simpan pinjam pada PKK Dharma Kerti, 2) pengelolaan simpan pinjam dalam tradisi mungkah di PKK Dharma Kerti, 3) eksistensi PKK Dharma Kerti ditengah persaingan dengan lembaga keuangan lainnya di Desa Tukadmungga.
 
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan berdasarkan teori yang telah ditentukan.
 

Hasil penelitian yaitu : 1) munculnya kegiatan simpan pinjam didasari oleh rasa kebersamaan dan persatuan sehingga memiliki kesamaan tujuan, 2) pengelolaan simpan pinjam dijalankan melalui pelaksanaan tradisi mungkah, 3) eksistensi keberadaan PKK dipertahankan dengan strategi bersaing yang berbeda yang memadukan dengan asas kebersamaan dan persatuan
 

Downloads

Published

2018-08-05

Issue

Section

Articles