PENGARUH PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL, PENGUKURAN VALUE ADDED INTELLECTUAL CAPITAL (VAIC) STRUKTUR KEPEMILIKAN, DAN COST OF EQUITY CAPITAL TERHADAP KAPITALISASI PASAR PERUSAHAAN (Studi Perusahaan Perbankan Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017)

Gusti Agung Bagus Alit Virgiawan, Putu Sukma Kurniawan

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh pengungkapan intellectual capital, pengukuran value added intellectual capital, struktur kepemilikan, dan cost of equity terhadap kapitalisasi pasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari annual report perusahaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2014-2017 sebanyak 45 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria terdaftar secara berturut-turut sebagai perusahaan perbankan yang mengeluarkan laporan audit periode 2014-2017 di BEI agar data yang diperoleh peneliti bersumber pada bank-bank yang secara konsisten melaporkan kinerja perusahaannya di BEI sehingga menghasilkan peneilitan yang actual dan bukan termasuk bank syariah, karena dalam bank syariah terdapat pembatasan pada investasi. Sampel yang memenuhi kriteria pada penelitian ini digunakan 35 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial pengungkapan intellectual capital dan pengukuran value added intellectual capital berpengaruh positif terhadap kapitalisasi pasar, sedangkan struktur kepemilikan dan cost of equity berpengaruh negatif terhadap kapitalisasi pasar.

Kata kunci: pengungkapan intellectual capital, pengukuran value added intellectual capital, struktur kepemilikan, cost of equity, kapitalisasi pasar.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v9i3.20441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.