PENGARUH KOMPETENSI AUDIT TUJUAN TERTENTU, PENGALAMAN AUDIT DAN PENGENDALIAN INTERNAL KLIEN TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN AUDITOR EKSTERNAL PADA KLIEN STUDI KASUS: KAP DI BALI

Authors

  • A.A.Rai Niti Darmika Sukawati
  • Edy sujana
  • Gst Ayu Ketut Rencana Sari Dewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v9i2.20447

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi audit tujuan tertentu, pengalaman audit dan pengendalian internal klien terhadap tingkat kepercayaan auditor eksternal pada klien oleh auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik Bali.Penelitian menggunakan data primer dengan menggunakan kuisioner kemudian diolah dengan metode kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di KAP Bali sebanyak 54 auditor.Sampel yang digunakan merupakan sampel jenuh sesuai dengan jumlah populasi.Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, koefisien determinsi, uji t dan uji f dengan menggunakan program SPSS versi 16.0.Hasil penelitian menunjukan: (1) Kompetensi Audit Tujuan tertentu berpengaruh terhadap Tingkat Kepercayaan Auditor Eksternal pada Klien, (2) Pengalaman Audit berpengaruh  terhadap Tingkat Kepercayaan Auditor Eksternal pada Klien, (3) Pengendalian Internal Klien tidak berpengaruh terhadap Tingkat Kepercayaan Auditor Eksternal pada Klien, dan (4) Kompetensi Audit Tujuan tertentu , Pengalaman Audit dan Pengendalian Internal Klien berpengaruh terhadap Tingkat Kepercayaan Auditor Eksternal pada Klien. Kata kunci: Kompetensi audit tujuan tertentu, pengalaman audit, pengendalian internal klien, tingkat kepercayaan auditor eksternal pada klien.

Downloads

Published

2018-08-05

Issue

Section

Articles