FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MAHASISWA DALAM BERINVESTASI DI PASAR MODAL (Sebuah Tinjauan Empiris Pada Investor Pemula)

Authors

  • Gede Etyana Witakusuma
  • Putu Sukma Kurniawan
  • Edy Sujana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v9i1.20449

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel persepsi manfaat investasi, persepsi return, self efficacy, dan pengetahuan investasi terhadap perilaku mahasiswa dalam berinvestasi saham di pasar modal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari data kuisioner yang diukur dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha dengan responden sebanyak 100 mahasiswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 23.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel persepsi manfaat investasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku mahasiswa dalam berinvestasi saham di pasar modal dengan tingkat signifikansi sebesar 0,027, variabel persepsi return (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku mahasiswa dalam berinvestasi saham di pasar modal dengan tingkat signifikansi sebesar 0,022, variabel self efficacy (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku mahasiswa dalam berinvestasi saham di pasar modal dengan tingkat signifikansi sebesar 0,025, variabel pengetahuan investasi (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku mahasiswa dalam berinvestasi saham di pasar modal dengan tingkat signifikansi sebesar 0,015.

Downloads

Published

2020-05-09

Issue

Section

Articles