PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE, PROFITABILITAS, DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan dan Sektor Perkebunan yang Terdaftar di BEI dan Terdaftar di PROPER Tahun 2013-2017)

Gusti Ayu Catur Nur Sari, Gede Adi Yuniarta

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, proporsi dewan komisaris independen, ukuran komite audit, profitabilitas dan kinerja lingkungan terhadap environmental disclosure. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari analisis laporan keuangan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor pertambangan dan perkebunan yang terdaftar di BEI yang berjumlah 57 perusahaan sebagai subjek pengamatan. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sejumlah 13 sampel. Data penelitian ini dikumpulkan dengan analisis laporan keuangan yang kemudian diolah dengan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian menyatakan bahwa kepemilikan manajerial, ukuran komite audit, dan kinerja lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap environmental disclosure. Sedangkan proporsi dewan komisaris independen dan profitabilitas berpengaruh negative dan signifikan terhadap environmental disclosure.

Kata kunci: Mekanisme GCG, Profitabilitas, Kinerja Lingkungan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v9i3.20450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.