PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA GULA AREN ASLI PEDAWA DI DESA PAKRAMAN PEDAWA

Gede Riko Bayuna, Anantawikrama Tungga Atmadja

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilakukan di Desa Pakraman Pedawa karena adanya keunikan 1) kepercayaan produsen terhadap konsep Tri Hita Karana sehingga berdampak pada penentuan harga pokok produksi gula aren, 2) harga jual gula aren dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan gula sejenis . Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk membuktikan kebenaran pengaruh konsep Tri Hita Karana terhadap harga pokok produksi, harga jual, dan profitabilitas, dan 2) untuk mengetahui bagaimana produsen gula aren dalam proses produksi dan menentukan harga pokok produksi.

Metode yang digunakan adalah kualitatif yang menginterpretasikan perilaku manusia. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Data selanjutnya diolah melalui tiga tahap, yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berupa 1) perhitungan harga pokok produksi oleh produsen secara
sederhana dan membandingan dengan perhitungan akuntansi, dan 2) implikasi penentuan harga pokok poduksi yang terlalu tinggi berdampak terhadap perhitungan harga jual dan profitabilitas, dampak tersebut bukan diakibatkan oleh konsep Tri Hita Karana sebagai kepercayaan produsen melainkan sebuah ketidaktahuan terhadap perhitungan harga pokok produksi yang sesuai kaidah akuntansi.

Kata kunci: Gula Aren, Harga pok ok produk si, Harga jual, dan Profitabilitas


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v9i3.20451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Akreditasi SINTA 5



Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.