PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN UKURAN USAHA TERHADAP PEMAHAMAN UMKM DALAM MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK EMKM (Studi Kasus pada UMKM di Kecamatan Buleleng)

Ketut Eni Suastini, Putu Eka Dianita Marvilianti Dewi

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas sumber daya manusia dan ukuran usaha terhadap pemahaman UMKM dalam menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM pada UMKM di Kecamatan Buleleng. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada UMKM di Kecamatan Buleleng. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM di Kecamatan Buleleng yang terdaftar pada Dinas Koperasi dan UMKM pada tahun 2017 sejumlah 189 UMKM. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sejumlah 77 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis regresi linear berganda diolah dengan bantuan SPSS versi 17 for windows. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) kualitas sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman UMKM dalam menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM pada UMKM di Kecamatan Buleleng. (2) ukuran usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman UMKM dalam menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM pada UMKM di Kecamatan Buleleng.
Kata Kunci : Kualitas Sumber Daya Manusia, Ukuran Usaha, Pemahaman UMKM Dalam Menyusun Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v9i3.20455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.