PENGARUH PERSEPSI KESESUAIAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PEMAHAMAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PENGAWAS KOPERASI DI KABUPATEN BULELENG DENGAN SELF-EFFICACY SEBAGAI PEMODERASI

Ni Putu Rini Riantika, Made Aristia Prayudi, Gusti Ayu Ketut Rencana Sari Dewi

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kesesuaian tingkat pendidikan dan pemahaman good governance terhadap kinerja pengawas  koperasi di Kabupaten Buleleng dengan self-efficacy sebagai pemoderasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data primer berupa kuesioner yang diukur menggunakan skala ordinal. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengawas koperasi di Kabupaten Buleleng yang sudah melaksanakan RAT untuk tahun buku 2017 yaitu sebanyak 663. Proporsi sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sejumlah 249 pengawas koperasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda dan moderated regression analysis dengan menggunakan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi kesesuaian tingkat pendidikan berpengaruh positif terhadap kinerja pengawas koperasi, (2) pemahaman good governance berpengaruh positif terhadap kinerja pengawas koperasi, (3) self-efficacy dapat memperkuat hubungan positif antara persepsi kesesuaian tingkat pendidikan dan kinerja pengawas koperasi, (4) self-efficacy dapat memperkuat hubungan positif antara pemahaman good governance dan kinerja pengawas koperasi.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v9i2.20456

Article Metrics

Abstract view : 319 times
PDF file view : 584 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.