PENGARUH PENERIMAAN SPPT, MORALITAS PAJAK DAN TINGKAT PENGHASILAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB-P2) DI KABUPATEN BADUNG

Authors

  • Martika Cahayani
  • Made Arie Wahyuni
  • I Nyoman Putra Yasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v9i1.20470

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerimaan SPPT, moralitas pajak , dan tingkat penghasilan terhadap kepatuhan wajib pajak PBB-P2 di Kabupaten Badung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak PBB-P2 yang terdaftar di BAPENDA Kabupaten Badung yang berjumlah 265.924 wajib pajak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode incidental sampling. Dengan menggunakan rumus slovin diperoleh sampel sebanyak 399 wajib pajak. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda dengan teknik analisis uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi, dan uji hipotesis yang diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 24.0 for windows.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) penerimaan SPPT berpengaruh positif kepatuhan wajib pajak, (2) moralitas pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak, (3) tingkat penghasilan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak dan (4) penerimaan SPPT, moralitas pajak dan tingkat penghasilan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak.

Downloads

Published

2020-05-09

Issue

Section

Articles