PENGARUH GENDER, TINGKAT RELIGIUSITAS, DAN PEMAHAMAN KODE ETIK PROFESI AKUNTAN TERHADAP PEMBUATAN KEPUTUSAN ETIS MAHASISWA (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Program S1 Universitas Negeri di Bali)

Authors

  • Kadek Riasmini
  • Nyoman Trisna Herawati
  • Putu Sukma Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v9i1.20483

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel gender, tingkat religiusitas dan pemahaman kode etik profesi akuntan terhadap pembuatan keputusan etis mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Data pada penelitian ini adalah data primer yang diukur menggunakan skala nominal dan ordinal. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri di Bali. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha dan Universitas Udayana semester 7 sebanyak 535 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 229 responden. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 17.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) gender tidak berpengaruh terhadap pembuatan keputuan etis mahasiswa, (2) tingkat religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembuatan keputusan etis mahasiswa, dan (3) pemahaman kode etik profesi akuntan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembuatan keputusan etis mahasiswa.

Downloads

Published

2020-05-09

Issue

Section

Articles