PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM BERWIRAUSAHA (Studi Empiris pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Undiksha)

Authors

  • I Made Indra Lesmana
  • Nyoman Trisna Herawati
  • Putu Sukma Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v9i2.20485

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pendidikan kewirausahaan terhadap self efficacy, pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, pengaruh self efficacy terhadap minat berwirausaha, dan pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha melalui self efficacy. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari data kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Penelitian ini dilakukan pada Jurusan Akuntansi Program S1 Undiksha. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2015 yang mendapat cara pengajaran yang sama mengenai kewirausahaan yang berjumlah 264 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode probability sampling, sehingga diperoleh sampel sejumlah 73 responden. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan uji analisis regresi linear sederhana dan analisis jalur dengan bantuan SPSS versi 17. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap self efficacy, pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha, self efficacy berpengaruh terhadap minat berwirausaha, dan pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha melalui self efficacy. Penelitian ini berimplikasi bahwa mahasiswa Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan terkait kewirausahaan dengan mengimplementasikan teori yang didapatkan pada pembelajaran di perkuliahan dengan mulai mengenali peluang, mengevaluasi peluang dan mencoba mencari cara untuk memulai peluang bisnis.

Downloads

Published

2018-08-05

Issue

Section

Articles