PERSEPSI PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI LAMIKRO DI KECAMATAN BULELENG TAHUN 2018

Authors

  • Ketut Puteri Lestari
  • Ni Nyoman Trisna Herawati
  • Anantawikrama Tungga Atmadja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v9i1.20493

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pelaku UMKM di Kecamatan Buleleng terhadap penggunaan aplikasi Lamikro serta dampaknya bagi pelaku UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada pelaku UMKM yang merupakan informan dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam pemilihan informan adalah metode purposive sampling. Persepsi pemilik UMKM akan diukur berdasarkan indikator keamanan data, kecepatan (waktu), ketelitian, variasi laporan (output), relevansi, keakuratan, dan kualitas informasi dengan menggunakan analisis statistik deskritif ukuran frekuensi. Sedangkan dampak dari penggunaan aplikasi ini didapat dari hasil wawancara dengan beberapa pelaku UMKM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Lamikro ini dikatakan aman, cepat, teliti, variatif, relevan, akurat serta berkualitas. Dampak positif dari penggunaan aplikasi ini adalah membantu membuat laporan keuangan secara cepat tanpa harus menyusun laporan keuangan secara manual dan dapat mempermudah pembuatan laporan keuangan bagi UMKM tanpa harus memiliki pemahaman tentang akuntansi secara mendalam.

Downloads

Published

2020-05-09

Issue

Section

Articles