PENGARUH SELF-EFFICACY, METODE MENGAJAR, DAN MINAT TERHADAP KEBERHASILAN STUDI MAHASISWA (Studi Kasus Pada Alumni Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha)

Authors

  • I Nyoman Adi Gunawan
  • Nyoman Trisna Herawati
  • Anantawikrama Tungga Atmadja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v9i2.20495

Abstract

Abstrak
 
Keberhasilan studi mahasiswa merupakan suatu hal yang ingin dicapai mahasiwa yang dapat diukur dengan tiga indikator yaitu Indeks Prestasi Komulatif (IPK), lama masa studi, dan lama masa tunggu masuk kerja setelah lulus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy, metode mengajar, dan minat terhadap keberhasilan studi mahasiswa.
 
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh alumni mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha angkatan tahun 2014. Sampel diambil dengan teknik Random Sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 70 orang responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS v. 20.
 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan studi mahasiswa, variabel metode mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan studi mahasiswa, variabel minat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan studi mahasiswa.
 

Downloads

Published

2018-08-05

Issue

Section

Articles