PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KUALITAS PEMBELAJARAN DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi Empiris pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha)

Authors

  • Nyoman Olivia Udayanthi
  • Nyoman Trisna Herawati
  • I Putu Julianto

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v9i2.20502

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel literasi keuangan, kualitas pembelajaran dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumtif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari data kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Penelitian ini dilakukan pada Jurusan Akuntansi Program S1 Undiksha. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Undiksha angkatan 2015 dan 2016 yang berjumlah 375 orang dari angkatan 2015 dan 274 orang dari angkatan 2016. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode probability sampling, sehingga diperoleh sampel sejumlah 87 responden. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 17.  Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) literasi keuangan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif, (2) kualitas pembelajaran berpengaruh terhadap perilaku konsumtif, dan (3) pengendalian diri berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Penelitian ini berimplikasi bahwa mahasiswa Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha diharapkan dapat menerapkan literasi keuangan yang baik melalui pengelolaan tabungan dan investasi, sehingga akan dapat mengurangi tingkat perilaku konsumtif.

Downloads

Published

2018-08-05

Issue

Section

Articles