ANALISIS PENGARUH ACADEMIC SELF EFFICACY DAN FRAUD TRIANGLE TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK (ACADEMIC FRAUD) (Studi Kasus pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha)

Authors

  • Gusti Ayu Sintiani
  • Ni Luh Gede Erni Sulindawati
  • Nyoman Trisna Herawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v9i1.20504

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh academic self efficacy, tekanan, kesempatan, dan rasionalisasi terhadap perilaku kecurangan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari data kuesioner yang diukur menggunakan skala likert rentang 1-5. Penelitian ini dilakukan pada Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Penerima Beasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha yang berjumlah 219 mahasiswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sejumlah 131 responden. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 23.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa academic self efficacy, tekanan, kesempatan, dan rasionalisasi berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik. Penelitian ini berimplikasi bahwa mahasiswa penerima beasiswa jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha diharapkan tidak melakukan kecurangan akademik dengan pengawasan yang ketat dan tidak menyalahgunakan kemajuan teknologi yang ada.

Downloads

Published

2020-05-09

Issue

Section

Articles