PENGARUH KOMPETENSI PENGAWAS, PENGALAMAN KERJA, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PENDETEKSIAN KECURANGAN PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) SE-KABUPATEN BULELENG

Authors

  • Ni Komang Dian Indrayani
  • Edy Sujana
  • Putu Eka Dianita Marvilianti Dewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v10i2.20515

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pengawas, pengalaman kerja, dan komitmen organisasi terhadap pendeteksian kecurangan pada BUMDes se-Kabupaten Buleleng. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu data primer yang diperoleh dengan menggunakan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengawas BUMDES yang ada di Kabupaten Buleleng. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang didapat sebanyak 39 pengawas. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS 24.0 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi pengawas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendeteksian kecurangan, (2) pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendeteksian kecurangan, (3) komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendeteksian kecurangan.

Downloads

Published

2019-08-05

Issue

Section

Articles