ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI ASET BIOLOGISPADA ORGANISASI KELOMPOK BUDIDAYA IKAN (POKDAKAN) IJO GADING DESA LOLOAN TIMUR KECAMATAN JEMBRANA KABUPATEN JEMBRANA

Uzlifah uzilifah, I Nyoman Putra Yasa, Putu Eka Dianita Marvilianti Dewi

Abstract


Abstrak Aset biologis merupakan asset berupa hewan atau tumbuhan yang mengalami transformasi, sehingga mengakibatkan perubahan kualitatif maupun kuantitatif. Penerapan asset biologis sampai saat ini masih belum banyak digunakan oleh entitas yang bergerak dalam bidang perikanan, padahal standar PSAK 69 berlaku di Indonesia secara aktif pada tanggal 1 Januari 2018. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perlakuan akuntansi asset biologis pada organisasi kelompok budidaya ikan Ijo Gading Desa Loloan Timur berdasarkan PSAK 69. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengukuran, pengakuan dan pengungkapan asset biologis pada kelompok budidaya ikan Ijo Gading. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data ini dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelompok budidaya ikan Ijo Gading belum melakukan pencatatan berdasarkan standar yang berlaku yaitu PSAK 69, dilihat dari pengukuran masih menggunakan biaya historis sebagai harga perolehan dan pencatatan yang masih sederhana dan manual dengan mengandalkan nota dan kwitansi sebagai bukti transaksi.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v9i2.20517

Article Metrics

Abstract view : 299 times
PDF file view : 1393 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.