MENGUNGKAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN SUBAK DENGAN KONSEP KEARIFAN LOKAL PANG PADA MELAH (Studi Kasus Pada Subak Gebang Gading Atas, Desa Tegalmengkeb,Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan)

Authors

  • Ni Made Setiari Marleni
  • I Nyoman Putra Yasa
  • Nyoman Trisna Herawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v10i1.20521

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap akuntabilitas pengelolaan keuangan subak dengan konsep kearifan lokal Pang Pada Melah pada Subak Gebang Gading Atas, Desa Tegalmengkeb,Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yang menitiberatkan pada deskripsi serta interprestasi perilaku manusia. Informan penelitian ini dipilih secara purposive sampling. Data diperoleh dari observasi,wawancara,dokumentasi dan studi kepustakaan. Data ini selanjutnya diolah melalui tiga tahapan,yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) menarik simpulan dan pemberian saran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan keuangan subak yang bersumber dari internal dikelola oleh pengurus subak sedangkan sumber dari eksternal dikelola Gapoktan (gabungan kelompok tani). 2) Kearifan lokal Pang Pada Melah diterapkan pada pembayaran iuran maupun dalam pembagian air yang dilakukan secara adil dan merata, melalui kesepakatan antara pengurus dan krama subak. 3) Pencatatan dalam pengelolaan keuangan di Subak Gebang Gading Atas dibagi menjadi dua sistem yang berbeda dicatat dengan sistem manual dan sistem modern.

Downloads

Published

2019-04-05

Issue

Section

Articles