MOTIVASI KARIR DAN MOTIVASI KUALITAS TERHADAP MINAT MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI PROGRAM S1 UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA UNTUK MENGIKUTI BREVET PAJAK

Authors

  • Putu Ayu Lestari
  • I Nyoman Putra Yasa
  • Nyoman Trisna Herawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v10i2.20524

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perpajakan, motivasi ekonomi, motivasi karir, dan motivasi kualitas terhadap minat mahasiswa mengikuti brevet pajak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari data kuesioner yang diukur menggunakan skala likert rentang 1-5. Penelitian ini dilakukan pada Prodi S1 Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Prodi S1 akuntansi semester 7 angkatan 2015 Universitas Pendidikan Ganesha yang berjumlah 409 orang mahasiswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 370 responden. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel pengetahuan perpajakan (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti brevet pajak, variabel motivasi ekonomi (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti brevet pajak, variabel motivasi karir (X3) berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti brevet pajak, dan variabel motivasi kualitas (X4) berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti brevet pajak.

Downloads

Published

2019-08-05

Issue

Section

Articles