ANALISIS PEMBERIAN KREDIT & PENYELESAIAN KREDIT MACET SEBAGAI BENTUK PENGENDALIAN INTERNAL UNTUK MENUJU GOOD GOVERNANCE PADA KOPERASI PUTRA DEWATA (Studi Kasus Pada Koperasi Putra Dewata Di Desa Banjarasem, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng)

Ni Kadek Wiwik Dwi Ulantari, Putu sukma kurniawan, Putu Eka Dianita Marvilianti Dewi

Abstract


Abstrak
   Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) faktor penyebab terjadinya kredit macet pada Koperasi Putra Dewata, 2) prinsip yang digunakan untuk mengatasi kredit macet dan pemberian kredit pada Koperasi Putra Dewata, dan 3) bentuk pengendalian internal yang digunakan dalam pemberian kredit dan penyelesaian kredit macet untuk menuju good governance pada Koperasi Putra Dewata. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Data ini diolah melalui tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, pengumpulan data dan penarikan kesimpulan.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredit macet disebabkan oleh pihak intern maupun ekstern pada Koperasi Putra Dewata. Adapun prinsip yang digunakan untuk mengatasi kredit macet yaitu dengan prinsip Asas Kekeluargaan, sedangkan prinsip dalam penyelesaian kredit macet menggunakan Sistem Menabung. Bentuk pengendalian internal dalam pemberian kredit menggunakan Teknik Pengendalian Preventif sedangkan bentuk pengendalian internal dalam penyelesaian kredit macet menggunakan Sistem Menabung dan Teknik Pengendalian Represif. Sehingga dengan menggunakan teknik tersebut Koperasi Putra Dewata mengalami peningkatan.  

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jimat.v9i2.20528

Article Metrics

Abstract view : 344 times
PDF file view : 367 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :


Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha indexed by:

 Crossref Indeksasi GarudaAkreditasi SINTA 5


Creative Commons License
 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.