PENGARUH PERSEPSI KEBERMANFAATAN, KEMUDAHAN, DAN KEPUASAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI TERHADAP PENGGUNAAN E-BILLING

Authors

  • Putri Novalia
  • I Gusti Ayu Purnamawati
  • Made Arie Wahyuni

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v10i2.20540

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kebermanfaatan, kemudahan, dan kepuasan wajib pajak orang prbadi terhadap penggunaan e-billing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi di Kabupaten Buleleng sebanyak 87.159 orang. Setelah menggunakan bantuan tabel diperoleh 347 responden sebagai sampel penelitian. Teknik pemilihan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan IBM SPSS 24.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) persepsi kebermanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-billing (2) kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-billing (3) kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-billing.

Downloads

Published

2019-08-05

Issue

Section

Articles