PENGARUH TIME BUDGET PRESSURE, AKUNTABILITAS, DAN INDEPENDENSI TERHADAP KUALITAS HASIL AUDIT (Studi Empiris pada 3 Kantor Inspektorat di Provinsi Bali)

Authors

  • Kadek Suartama Sanjaya
  • Edy Sujana
  • Nyoman Trisna Herawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v10i1.20565

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh time budget pressure, akuntabilitas, dan independensi terhadap kualitas hasil audit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari data kuesioner yang diukur menggunakan skala likert 1 sampai 5. Penelitian ini dilakukan di Kantor Inspektorat Provinsi Bali, Inspektorat Kota Denpasar, dan Inspektorat Kabupaten Buleleng. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh, sehingga diperoleh jumlah sampel sama dengan jumlah populasi yaitu 38 responden, dimana jumlah auditor di Inspektorat Provinsi Bali sebanyak 14 orang, Inspektorat Kabupaten Buleleng sebanyak 14 orang, dan Inspektorat Kota Denpasar sebanyak 10 orang Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 24.0 untuk Windows.

Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) time budget pressure (X1) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kualitas hasil audit, sedangkan (2) akuntabilitas (X2) serta (3) independensi (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas hasil audit, dan (4) time budget pressure, akuntabilitas, dan independensi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kualitas hasil audit. Jika time budget pressure yang dirasakan oleh auditor semakin kuat maka akan menyebabkan kualitas hasil audit semakin menurun, sedangkan jika akuntabilitas dan independensi yang dimiliki auditor semakin baik maka kualitas hasil audit akan semakin meningkat.

Downloads

Published

2019-04-05

Issue

Section

Articles