PENGARUH PENGENDALIAN INTERN KAS PADA BADAN USAHA MILIK DAERAH (BUMD) KABUPATEN BULELENG TERHADAP REALISASI PENCATATAN PENERIMAAN KAS

Authors

  • Ni Putu Eka Sulasmini .
  • Nyoman Trisna Herawati, SE.AK,M.Pd. .
  • NI KADEK SINARWATI, SE., M.Si.Ak. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jimat.v2i1.2255

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian intern kas pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Buleleng dan untuk mengetahui pengaruh pengendalian intern kas pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Buleleng terhadap realisasi pencatatan penerimaan kas. Kriteria responden yang digunakan dalam penelitian ini yaitu karyawan yang bekerja pada bagian yang berhubungan dengan variabel penelitian. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuesioner yang terdiri dari 2 instrumen dengan menggunakan skala likert. Dari 100 kuesioner yang telah disebar, jumlah kuesioner yang kembali sebanyak 100 kuesioner dan 94 kuesioner yang dapat dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji kualitas data yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heterosketastisitas, dan uji autokorelasi, serta pengujian hipotesis yang terdiri dari uji regresi sederhana, analisis korelasi pearson, uji t, dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kegiatan pengendalian intern kas pada BUMD di Kabupaten Buleleng dijalankan pada setiap bagian yang tercermin dari pembagian tugas dan tanggungjawab dari masing-masing BUMD di Kabupaten Buleleng Begitu juga struktur organisasi yang disusun telah memisahkan tugas, kewajiban, wewenang, dan tanggungjawab tiap bagian walaupun masih ada BUMD yang belum melakukan pemisahan fungsi yang jelas terutama pada bagian pengawasan intern karena keterbatasan SDM yang dimiliki, (2) pengendalian intern kas berpengaruh signifikan positif terhadap realisasi pencatatan penerimaan kas.
Kata Kunci : pengendalian intern kas, realisasi pencatatan penerimaan kas, BUMD

This study aimed at investigating the cash intern control at Badan Usaha Milik Daerah Kabupaten (BUMD) Buleleng regency and the influence of cash intern control at BUMD Buleleng regency to the realization of cash acceptance recording. The respondent criteria used in this study were the employees at the subdivisions which have relationship with research. The samples used were 100 respondents. The data collections used were interview and questionnaires which consisted of 2 instruments which used likert scale. From 100 questionnaires spread, the number of questionnaire which were collected were 100 questionnaires and 94 questionnaires could be analyzed. Data analysis technique used were data quality test which consisted of validity test and reliability test, classic assumption test which consisted of normality test, heteroscedasiticy test, and autocorrelation test, and also hypothesis test which consisted of simple regression test, Pearson correlation analysis, t-test, and determination coefficient (R2). The result of the study shows that (1) the cash intern control at BUMD in Buleleng Regency is conducted in every subdivision which can be seen from the job and responsibility distribution from each BUMD in Buleleng Regency. Also, the structure of organization which has been arranged separates the job, duty, authority, and responsibility in every subdivision although there are still BUMDs which do not separate the function clearly especially at intern control subdivision because of the limitation of human resource, (2) cash intern control has positive influence to the cash acceptance recording.
keyword : cash intern control, realization of cash acceptance recording, BUMD.

Published

2014-02-18

Issue

Section

Articles